Sabtu, 13 Februari 2010

Cara Merawat Wallpaper dinding


Usaha untuk membuat wallpaper tahan lama, bermula dari proses pemasangan hingga perawatan yang benar. Memasang wallpaper merupakan salah satu alternatif mempercantik tampilan dinding ruangan. Variasi warna dan motif membuatnya menarik dan banyak diminati. Namun, berbeda dengan cat tembok biasa, wallpaper membutuhkan perhatian ekstra. Mulai dari proses pemasangan hingga perawatannya.

Proses Pemasangan

  1. Hal pertama yang perlu Anda cermati adalah pada proses pemasangannya. Meski terkesan mudah, ada baiknya Anda menyerahkan proses pemasangan pada ahlinya. Anda bisa meminta bantuan kepada penjual wallpaper. Biasanya para penjual wallpaper, sekaligus menyediakan jasa pemasangannya.
  2. Dalam proses pemasangan, hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu adalah keadaan dinding. Hindari memasang wallpaper pada dinding yang lembap. Kandungan air dari dinding yang lembap, akan membuat wallpaper cepat rusak.
  3. Sebelum memasang wallpaper, Anda perlu membersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan dinding dari lapisan cat. Untuk dinding baru, Anda harus memastikan terlebih dahulu, apakah dinding sudah dalam keadaan benar-benar kering.
  4. Pengeleman wallpaper juga harus merata. Jika tidak, wallpaper tidak akan rapi dan menggelembung. Jika ingin mengganti wallpaper lama dengan yang baru, jangan menumpuknya. Anda harus terlebih dahulu melepaskan wallpaper lama, kemudian menggantinya dengan yang baru.
  5. Perawatan
    Untuk perawatan wallpaper sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memperhatikan hal-hal berikut:

    1. Sesuaikan dengan jenis bahan. Ada dua jenis permukaan wallpaper, dari vinyl dan kertas. Untuk jenis bahan vinyl, perawatannya lebih mudah. Anda cukup mengelapnya dengan lap basah. Untuk noda membandel, Anda bisa menyikatnya dengan sikat berbulu halus. Sedangkan untuk bahan kertas, Anda hanya bisa menggunakan lap kering. Atau Anda juga bisa membersihkan debu di permukaannya dengan vacuum cleaner.
    2. Bersihkan wallpaper secara berkala dan teratur. Agar wallpaper terjaga kebersihannya, Anda perlu membersihkannya secara teratur. Paling tidak satu kali dalam satu bulan.
    3. Segera perbaiki wallpaper yang sobek atau rusak. Anda bisa menempel bekas sobekan wallpaper ke tempatnya semula. Atau kalau sobeknya terlanjur parah, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk itu ketika membeli, belilah wallpaper dalam jumlah lebih sebagai cadangan

4 komentar:

  1. kalo toko yg di malang ada ga,sy posisi di malang

    BalasHapus
  2. bs email ke aya.interior@yahoo.com buat jadi reseller nya, sy di palembang, tks

    BalasHapus
  3. Bagi yang ada dimalang bisa hub saya 08125211670
    www.dewapeinterior.com

    BalasHapus
  4. Yang di malang dan sekitarnya bisa mampir ke www.pusatwallpaper.wordpress.com
    atau hub 08125211670

    BalasHapus